📚NICE
HOME WORK #4
🍀MENDIDIK
DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀
Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat
belajar?
Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita.
Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah ,
maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.
a. Mari
kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih
jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung
beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Setelah kembali melihat NHW1, sampai saat ini saya masih tetap
memilih jurusan ilmu parenting sebagai ilmu yang akan saya tekuni di
Universitas kehidupan ini.
b. Mari
kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi
checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa
terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar
lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
SAmpai saat ini ada beberapa point yang masih belum tercheck
list dengan baik oleh saya, dan ini adalah kekurangan dan koreksi yang harus
saya perbaiki kedepannya.
c. Baca
dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira
maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan
bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Contoh :
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.
Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator
Contoh :
Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.
Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain
Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
Peran : Inspirator
Jawaban saya;
Misi Hidup : Memajukan dan Mensukseskan orang lain
Bidang : Pendidikan Orang tua dan Anak (Portofolio) dan
Pendidikan Tinggi
Peran: Motivator dan Inspirator
d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang
diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Contoh : Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan
Anak maka Ibu tersebut menetapkan tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai
berikut :
1.
Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
Jawaban Saya :
1. Bunda
Sayang : Pada tahapan bunda sayang, saya
akan mempelajari ilmu mendidik dan mencatat tentang pendidikan anak, bagaimana
berkomunikasi dengan baik, baik dengan pasangan, anak, dan orang lain. Sehingga
menjadi modal untuk mempertajam peran saya kedepannya
2. BUnda
Cekatan : Saya akan mempelajari ilmu manajemen tentang rumah tangga dan
mendidik anak.
3. Bunda
Produktf ; Saya akan mempelajari ilmu tentang bagaimana menyusun sebuah agenda
dan program yang bisa dipergunakan oleh diri sendiri dan bermanfaat untuk orang
lain, ilmu tentang keuangan , dll utamanya yang berkaitan dengan peran yang
telah saya plih.
4. Bunda
Shalihah : Ilmu untuk membangun komunitas, ilmu tentang organisasi, dll.
e. Tetapkan Milestone untuk
memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian
berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu
bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu
setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu,
mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak. Sehingga dalam jangka
waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
Milestone yang ditetapkan oleh ibu tersebut adalah sbb :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
Jawaban Saya:
KM 0 – KM 1 (Usia 34 th)
; Menguasai ilmu ilmu mendidik dan mencatat tentang pendidikan
anak, bagaimana berkomunikasi dengan baik, baik dengan pasangan, anak, dan
orang lain.
KM 1 – KM 2 (Usia 35 th) : Mengusai
ilmu manajemen tentang rumah tangga dan mendidik anak.
KM 2 – KM 3 (Usia 36 th)
: Menguasai ilmu tentang bagaimana menyusun sebuah agenda dan program, ilmu
keuangan,dll.
KM 3 – KM 4 (Usia 37 th)
: Menguasai Ilmu untuk membangun
komunitas, ilmu tentang organisasi, dll
f. Koreksi
kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk
mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Belum saya cantumkan :D
f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Saya,
sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal
matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini.
SEGERA MENCETAK SEJARAH
SENDIRI, INSYA ALLAH ……
0 komentar:
Post a Comment